Pembekalan Mahasiswa PKL T.A 2022-23

 

Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi AMM menggelar kegiatan Pembekalan Praktik Kerja Lapangan (PKL), Rabu (18/1).

Kegiatan PKL dijadwalkan berlangsung selama dua bulan (19 Januari s.d 18 Maret 2022). Peserta adalah para mahasiswa tingkat akhir jenjang Diploma Tiga (D.3) Program Studi (Prodi) Akuntansi dan Prodi Keuangan dan Perbankan.

Para peserta PKL tengah mengikuti kegiatan pembekalan (18/1).

Adapun beberapa instansi penempatan peserta PKL antara lain: Bank BTN Cabang Mataram, Lembaga Pendidikan Amirul Ummah, Koperasi Madani Cabang Mataram dan Gerung, serta PT Paling Solah Property & Development.

Ketua STIE AMM, Dr. H. Umar Said, SH., MM (paling kiri) membuka acara Pembekalan Mahasiswa PKL TA. 2022-2023 (18/1).

Membuka acara pembekalan, Ketua STIE AMM, H. Umar Said, SH., MM memberi sambutan kepada para peserta. Ia menjelaskan tentang beberapa jenis badan usaha, “karena nanti Anda akan ditempatkan di beberapa badan usaha, sehingga Anda belajar bagaimana menerapkan ilmu yang telah dipelajari, mentaati aturan perusahaan, etika, dan menjaga rahasia perusahaan”. Lebih lanjut Umar berharap agar para peserta bisa membuka usaha, “Semoga setelah selesai mengikuti PKL Anda memahami badan usaha dan membangun usaha yang berbadan hukum,” pungkasnya.

Adapun materi pembekalan sesi pertama dibawakan oleh Wakil Ketua I, Hj. Indah Ariffianti, S.E., MM dengan tema: Peran Manajemen Kepemimpinan dan Motivasi Kerja Karyawan.

Hj. Indah Ariffianti, SE., MM, membuka sesi materi pembekalan dengan tema Kepemimpinan dan Motivasi Kerja Karyawan (18/1).

Ia menjelaskan bahwa motivasi dan tujuan mengikuti kegiatan PKL adalah untuk memperoleh pengalaman kerja, “karena selama ini hanya mendapatkan teori, kemudian teori yang ada di perkuliahan akan dilihat di lapangan. Apabila ditemukan permasalahan, maka temukan solusinya.”
Dalam kerja PKL Anda perlu menunjukkan sikap kepemimpinan diri, dengan pembawaan komunikasi dan kerjasama tim yang baik.” tambahnya.

H. Nizar Hamdi, SE., MM mengisi materi pembekalan PKL dengan tema Etika dan Budaya Kerja di Tempat Kerja (18/1).

Pembekalan sesi kedua dibawakan oleh Wakil Ketua II, H. Nizar Hamdi, SE., MM dengan tema: Etika dan Budaya Perusahaan. “Dalam menyelesaikan pekerjaan nantinya, Anda harus siap, mau belajar.” ujar Nizar. Lebih lanjut ia menjelaskan norma dan lingkup etika di tempat kerja, sehingga peserta diharapkan dapat berlaku jujur, taat aturan, tanggung jawab, responsif, harmonisasi, dan menjaga sopan santun.

Syaiful Amri, S.Pd., M.Pd menyampaikan laporan pelaksanaan dan menutup sesi materi pembekalan dengan tema Penyusunan Program Kerja dan Laporan Pelaksanaan PKL (18/1).

Di sesi terakhir, materi dibawakan langsung oleh Kepala LP3M, Syaiful Amri, S.Pd., M.Pd. yang membawakan tema: Penyusunan Program Kerja dan Laporan Pelaksanaan PKL. Dalam sesi ini tampak sejumlah peserta antusias dengan memberikan beberapa pertanyaan tentang pelaksanaan teknis dan penyusunan laporan. (Humas)

BAGIKANShare on FacebookShare on Google+Tweet about this on Twitter