Mahasiswa STIE AMM Harus Bermimpi Menjadi Pengusaha

(Oleh: Dr. H. Umar Said, SH., MM – Ketua STIE AMM)

 

Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi AMM (STIE AMM) memiliki keunggulan yaitu program kewirausahaan yang membantu mewujudkan para mahasiswanya menjadi pengusaha, tidak lagi berorientasi untuk melamar menjadi seorang Pegawai Negeri ketika mereka menyelesaikan masa studinya.

Suatu bentuk pandangan yang ditanamkan kepada mereka adalah dengan melihat kondisi ekonomi perkapita negara kita (Indonesia) dengan membandingkan dengan negara-negara tetangga ASEAN yang pada umumnya tingkat kesejahteraan masyarakatnya lebih tinggi dari Indonesia. sebagai suatu contoh melihat PNB per kapita Negara Malaysia sebesar 27.370 keseimbangan daya beli dolar,  Sedangkan Indonesia baru sebesar 11.750.

Kalau ditelusuri tingkat pendapatan ini bukan hanya berasal dari sejumlah orang yang menjadi Pegawai Negeri, tetapi juga besarnya pengusaha yang bergerak di bidang pariwisata. STIE AMM membaca potensi itu, sehingga untuk menyokong peningkatan ekonomi perlu ditingkatkan giat wirausaha, dan hal ini selaras dengan program yang tengah digalakkan oleh Pemerintah Indonesia.

Untuk itu, sebelumnya para mahasiswa harus yakin akan kemampuannya dalam mengubah keinginan menjadi sumber penghasilan. Mereka memerlukan pengetahuan moneter, mengerti bentuk pelayanan, serta barang dan jasa yang akan ditawarkan.

Adapun beberapa langkah penting agar mahasiswa yakin dan percaya diri untuk berwirausaha adalah sebagai berikut :

Pertama : Bahwa para mahasiswa harus mempunyai kemampuan untuk mencapai apa yang menjadi tujuan pasti dalam hidupnya. Oleh karena itu dia harus menuntut diri, tabah dan istiqomah dalam pencapaian tujuan.

Kedua  :  Melalui keteguhan prinsip dan sugesti keinginan pribadi dalam pikiran, dirinya berekspresi melalui suatu sarana praktis untuk mencapai tujuan. Dengan demikian, maka mahasiswa dapat membaktikan waktu sepuluh menit setiap hari dalam mengembangkan tuntutan kepercayaan diri menetapkan pilihannya (berwirausaha).

Ketiga  :  Mahasiswa menulis suatu deskripsi di dalam batin dengan tujuan utama yang jelas dalam hidupnya. Tidak akan berhenti berusaha sampai berhasil untuk mengembangkan keyakinan sendiri sampai tercapai tujuan.

Berdasarkan pola pikir yang ditanamkan di otak kanan, maka para mahasiswa berhadapan dengan diagram alur pengembangan kewirausaaahan yang telah dipersiapkan oleh kampus STIE AMM sebagai suatu keunggulan yang mekanismenya diatur dalam buku pedoman akademik sebagaimana yang ditampilkan pada diagram di bawah ini.

Untuk itu kampus memfasilitasi mahasiswa dengan deretan tempat praktik usaha (ruko) yang berada di Jl. Sedap Malam di samping gedung A STIE AMM. Ruko yang kini dibuat warna-warni tersebut jelas berbeda dengan periode sebelumnya. Di sini akan tampak unit usaha kelompok mahasiswa dengan brandnya masing-masing. Dalam memasarkan giat usahanya, mereka tidak hanya menjajaki dagangannya secara langsung, tetapi saat ini juga memakai media sosial seperti Facebook, Instagram, dan media lainnya yang dapat menghubungkan konsumen dan pelanggan.

Untuk memperoleh fasilitas tersebut, maka para Mahasiswa telebih dahulu membentuk kelompok yang terdiri dari 5 orang setiap kelompoknya. Pada setiap kelompok tersebut, terdapat seorang Direktur, sekertaris, bendahara serta bagian pemasaran; mereka diperkenankan mengatur sendiri struktur organisasinya, sehingga diharapkan mahasiswa belajar untuk mengelola organisasi dan mengembangkan usahanya.

Sebagai simulasi persaingan dunia usaha, maka Tim Pembina Program Wirausaha kemudian mengevaluasi kinerja dari setiap kelompok. Mereka menilai bentuk pengelolaan manajemen, perkembangan dan kemajuan usaha dari setiap kelompok mahasiswa. Pada akhir periode, tim menentukan kelompok usaha mana yang paling tinggi nilainya untuk keluar sebagai pemenang.

Dengan telah dibukanya lapangan sirkuit Mandalika di Kabupaten Lombok Tengah, kampus STIE AMM tengah membaca peluang perkembangan pembangunan usaha di bidang pariwisata (tourism). STIE AMM akan memberikan mata kuliah (pengajaran) ilmu teknologi wisata yang sangat terkait dengan kegiatan usaha, yang akan dimasukkan ke dalam siklus alur pembelajaran pada diagram wirausaha STIE AMM.

Mulai saat ini, STIE AMM akan mengambil kesempatan pada setiap event pariwisata dengan menampilkan mobil usaha STIE AMM ke lokasi dimaksud dengan menjajakan aneka kuliner produksi mahasiswa; selain agar para wisatawan dapat merasakan jajanan buatan Mahasiwa STIE AMM, hal ini juga sebagai bentuk promosi kuliner khas Lombok pada khususnya.

Selain Tanjung Aan (Mandalika), mobil usaha STIE AMM dengan merek “Saya Bisa” akan  meluncur ke tempat objek wisata lain di Lombok yang telah terkenal seperti taman Narmada, Taman Suranadi, Taman Lingsar, Senggigi dan lain-lain.

Selain dari berbagai keunggulan program wirausaha dan fasilitas kampus yang cukup memadai, Kampus STIE AMM terletak pada lokasi yang sangat strategis di pusat kota, sehingga menjadikan kuliah di STIE AMM terasa aman dan nyaman.

BAGIKANShare on FacebookShare on Google+Tweet about this on Twitter