MARKETING UNDER FIRE: THE HEAT IS ON
Author : Siti Maemunah
Dalam era globalisasi sekarang ini dimana dunia perdagangan mengarah pada perdangan bebas, diharapkan setiap pelaku dunia usaha dapat memanfaatkan dan mengoptimalkan setiap peluang yang ada. Penelitian ini penulis menyajikan strategi pemasaran berdasarkan teori dan pustaka yang ada, dimana diperlukan suatu rencana dan strategi pemasaran yang komprehensif dan selalu melakukan inovasi dan improvisasi dari setiap pelaku bisnis, baik dalam hal pemasaran, juga dalam memenuhi kebutuhan dan keinginan pelanggan secara lebih efektif dan efisien maupun atas produk yang dihasilkan.
Strategi pemasaran perlu diperhatikan adalah mutu dari produk yang akan dipasarkan dan tingkat kebutuhan konsumen atas produk serta yang tak kalah pentingnya adalah harus memperhatikan persaingan pemasaran atas produk yang sama yang dilakukan oleh pelaku usaha lain sehingga dapat tercapai target yang diharapkan, yaitu kepuasan pelanggan.Untuk dapat diperoleh hasil yang baik sesuai dengan strategi pemasaran yang akan dilakukan diperlukan suatu hubungan yang interaktif dan terintegrasi antar bagian dalam suatu pelaku bisnis, sehingga dapat diperoleh suatu mutu produk yang sesuai dengan yang diharapkan.
Selain itu dalam strategi pemasaran harus pula memperhatikan strategy harga dan pelayanan yang diberikan oleh perusahaan maupun agen-agen atau pihak ketiga lainnya. Sehingga tanpa adaya suatu perencanaan dan strategi yang matang yang melibatkan semua bagian dalam pelaku bisnis, maka akan memeproleh kesulitan dalam mencapai tujuan dalam memasarkan produknya.
Keywords: strategi pemasaran, kepuasan pelanggan