ANALISIS PROSES PENERIMAAN SISTEM INFORMASI iConsDENGANMENGGUNAKAN TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODELPADA KARYAWAN PT.BANK NEGARA INDONESIA (PERSERO) TBK.DI KOTA SEMARANG
Author : Shinta Eka Kartika
Abstrak
Penelitian ini termotivasi untuk menganalisis penerimaan SistemInformasi iCons pada karyawan PT. Bank Negara Indonesia (persero) Tbk. diKota Semarang dengan menggunakan Technology Acceptance Model (TAM).Penggunaan model TAM didasarkan pada kenyataan bahwa sejauh ini TAMmerupakan sebuah konsep yang dianggap paling baik dalam menjelaskanperilaku user terhadap sistem teknologi informasi baru. Untuk membuktikansecara empiris perilaku user atas perubahan Sistem BOSS ke Sistem iCons diPT. Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk Kota Semarang. Populasi penelitian ini adalah seluruh karyawan PT. BankNegara Indonesia (persero) Tbk yang ada dikota Semarang. Penentuan sampeldilakukan dengan proportional sampling yaitu metode pengambilan sampelsecara proporsional berdasarkan sub populasi. Pengambilan sampel denganmenggunakan teknik proportional sampling dilakukan karena populasi dalampenelitian ini menyebar di kantor-kantor cabang di seluruh Semarang yangmeliputi Kantor Wilayah 05, Cabang Semarang, Cabang Karangayu danCabang Undip. Analisis data dilakukan dengan SEM (Structural EquationModelling) dengan software AMOS (Analysis of Moment Structure).
Hasil penelitian ini membuktikan hanya 8 hipotesis diterima dari total 16hipotesis yang diajukan. Hanya pada hubungan berikut yang terbukti signifikan:a) identification dengan perceived ease of use, b) compliance dengan perceivedease of use, c) self efficacy dengan perceived ease of use, d) self efficacy denganperceived usefulness, e) identification dengan perceived usefulness, f)identification dengan perceived attitude, g) compliance dengan attitude, h)perceived usefullnes dengan attitude. Hal ini membuktikan bahwa proses transisiperubahan sistem BOSS ke sistem iCons tidak sepenuhnya dapat dijelaskan olehTechnology Acceptance Model.
Kata kunci: BOSS, iCONS, identification, compliance, self efficacy, perceivedease of use, perceived usefulness, self efficacy, compliance danattitude