Redam Hoax dan Hate Speech, KPID dan STIE AMM Gelar “Sharing Session Jurnalistik”

 

Muh. Amin, perwakilan Elang Mahkota Teknologi (EMTEK) Group memberikan sambutan pada pembukaan acara Sharing Session Jurnalistik Televisi (15/12).

Sabtu, 15 Desember 2018, STIE AMM bekerjasama dengan Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) NTB menyelenggarakan diskusi dan seminar dengan tajuk “Sharing Session Jurnalistik Televisi: NTB Bangkit.” Seminar kali ini terselenggara atas kerjasama dengan Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih (YPP) yang sekaligus merupakan yayasan di bawah SCTV dan Indosiar.

Gelaran ini terasa istimewa karena narasumber utama yang dihadiri adalah para news anchor tenar dari program Liputan 6 SCTV, yaitu Djati Darma dan Dazen Vrilla. Peserta sangat antusias terhadap jalannya acara ini. Ratusan peserta yang memadati aula bahkan sudah tampak dari sebelum acara dimulai untuk menantikan kehadiran narasumber utama.

Selain kedua narasumber inti tersebut, materi acara sekaligus sambutan juga diisi oleh Muh. Amin selaku perwakilan Elang Mahkota Teknologi (EMTEK) Grup, dan juga Andayani, SE., MM, selaku Wakil Ketua KPID Provinsi NTB yang juga menjadi salah satu dosen di STIE AMM.  Selain itu Wakil Ketua III Bidang Kemahasiswaan, Syaiful Amri, S.Pd., M.Pd juga memberikan sambutan sekaligus membuka acara ini.

Narasumber utama yang mengisi acara Sharing Session Jurnalistik Televisi, Djati Darma (kiri) dan Dazen Vrilla (kanan).

Merebaknya berita bohong (hoax) dan ujaran kebencian (hate speech) di lingkungan akademik menjadi salah satu alasan acara ini diselenggarakan. Tidak sedikit para akademisi yang menelan mentah-mentah berita yang belum terkonfirmasi kebenarannya. Andayani dalam pemaparannya menjelaskan mengenai fungsi dan peran KPI dalam menyaring tayangan di televisi. Dirinya juga menjelaskan mengenai maraknya hoax yang beredar di media, “untuk itu sebelum kita posting berita ke media, kita harus terlebih dahulu memastikan kebenaran berita tersebut. Think before you share,” tegasnya.

Sesi berikutnya yang telah dinantikan yaitu sharing jurnalistik televisi bersama Djati Darma dan Dazen Vrilla. Pada sesi materi tersebut, kedua narasumber menjelaskan mengenai dunia jurnalistik media pertelevisian, bagaimana tugas seorang news anchor dan para wartawan dalam pemberitaan, serta apa saja kode etik jurnalistik yang harus dipegang.

Selain itu dalam pemaparannya juga dijelaskan kembali tentang pentingnya menangkal berita hoax dan sepatutnya untuk menghindari ujaran kebencian di media. Pada sesi tersebut juga diiringi tanya-jawab dan games kepada peserta sehingga acara tersebut menjadi lebih atraktif.

Pose Bersama – Pengukuhan Mahasiswa Peduli Siaran Sehat.

Di akhir acara dilakukan pengukuhan secara simbolis “Mahasiswa Peduli Siaran Sehat”, dan setelah itu perwakilan Emtek Grup memberikan plakat kepada STIE AMM yang diwakili oleh Syaiful Amri yang diakhiri dengan sesi foto bersama. (Humas)

 

BAGIKANShare on FacebookShare on Google+Tweet about this on Twitter