Bank Indonesia Gelar Diseminasi Sistem Pembayaran

di STIE AMM

 

Menutup akhir tahun 2018, Bank Indonesia (BI) menggelar seminar – diseminasi dengan tema “Sistem Pembayaran di Indonesia” pada tanggal 17 Desember 2018 yang lalu. Acara yang bertempat di aula lantai 4 STIE AMM ini menghadirkan narasumber langsung dari BI Kantor Perwakilan Provinsi Nusa Tenggara Barat.

Sambutan oleh Ocky Ganesia pada pembukaan seminar BI (17/12).

Beberapa narasumber yang hadir antara lain Ocky Ganesia (Deputi Kepala Perwakilan), M Yudhi Fatiha (Assistant Manager), serta beberapa jajaran staf BI lainnya. Kegiatan ini dihadiri lebih dari 125 peserta yang terdiri dari mahasiswa dan unsur perwakilan dosen STIE AMM. Adapun sambutan sekaligus pembukaan dari pihak kampus diwakili oleh Dra. Bq. Ertin Helmida, MP, selaku Sekretaris Senat STIE AMM.

Dalam sambutannya, Ocky Ganesia menjelaskan beberapa hal terkait BI, antara lain tantangan BI sebagai regulator sistem pembayaran agar tidak merugikan masyarakat dan perkembangan serta penggunaan pembayaran non-tunai. Di akhir sambutannya Ocky-pun memberikan harapan kepada mahasiswa peserta, “saya berharap agar nantinya alumni dari STIE AMM dapat bekerja di Bank Indonesia.” lebih lanjut ditegaskan agar para mahasiswa bisa melakukan kunjungan ke kantor BI, “ya silakan nanti bila kampus STIE AMM ingin mengadakan kunjungan ke kantor kami, supaya mahasiswa juga bisa melihat aktivitas apa saja yang dilakukan di sana,” ujarnya.

Materi yang disampaikan pada kegiatan seminar ini antara lain mengenai sistem pembayaran (kliring dan RTGS), Gerakan Nasional Non-tunai (GNNT), Gerbang Pembayaran Nasional (GPN), ciri-ciri keaslian uang Rupiah dan tata cara pelaporan uang palsu.

Setelah penyampaian materi, acara dilanjutkan dengan sesi diskusi dan tanya jawab. Peserta nampak antusias untuk memberikan sejumlah pertanyaan dan mengikuti games berhadiah yang diberikan oleh pihak BI. (Humas)

BAGIKANShare on FacebookShare on Google+Tweet about this on Twitter